Pages

Subscribe:

Wednesday, February 6, 2013

Cara Awal Hidup Sejahtera

Plasadana.com - Tak ada orang yang menolak untuk hidup sejahtera. Dengan aset yang cukup, semua kebutuhan dan keinginan Anda bisa terpenuhi.
Untuk menjejaki kehidupan finansial yang mantap, ada dua hal yang harus menjadi perhatian: menabung dan investasi. Sayangnya, dua hal itu kerap dilupakan. Menabung dan menanamkan duit dalam bentuk investasi hanya gampang untuk diucapkan dan sulit diwujudkan.
Ada beberapa tips yang harus dilakukan untuk membangun kekayaan pada periode awal pembukuan. Awal tahun menjadi momen yang pas untuk menjalankan strategi berikut:
1. Simpan dana untuk kebutuhan selama tiga bulan dalam rekening tabungan. Dengan cara ini, Anda bisa lebih hemat ketimbang menyimpan uang kas di rumah. Jika Anda berwiraswasta atau bekerja dengan sistem komisi yang tidak tetap, gandakan simpanan tersebut. Dengan belanja hemat, tabungan ini bisa menjaminan hidup setahun ke depan.
2. Menghitung tabungan pensiun: kalikan biaya hidup saat ini dengan bilangan 25. Misalnya, dalam setahun Anda menghabiskan biaya hidup Rp 100 juta maka biaya pensiun Anda nanti tak kurang dari Rp 2,5 miliar. Hitung kemampuan Anda untuk mengumpulkan uang Rp 2,5 miliar pada usia 60 tahun. Sudah mendapat angkanya? mulailah menabung!
3. Minimal, tabungkan 10 persen dari gaji Anda. Mulailah menabung dari usia muda agar Anda bisa menuai untung besar di kemudian hari. Pilih skema tabungan dengan bunga tertinggi dan jangan ragu untuk menambah jumlah simpanan jika ada sisa belanja.
4. Buka tabungan pendidikan untuk anak. Pergunakan kesempatan saat anak Anda masih Balita. Ingat, biaya pendidikan dasar, menengah atau pendidikan tinggi pasti melambung di masa mendatang. Pilih asuransi pendidikan atau tabungan pra-sekolah.
5. Tekan belanja hingga 28 persen dari pendapatan. Ini sudah termasuk biaya rumah tangga, operasional, asuransi hingga rekreasi. Anda harus berlatih mengoptimalkan penggunaan dana dan menekan belanja yang tidak diperlukan.
6. Hindari investasi yang Anda tak pahami. Jauhi para agen investasi yang menawari Anda keuntungan besar dalam waktu singkat. Lebih baik Anda memperoleh return kecil dan lambat daripada berjudi dengan investasi jumbo dalam skema yang tak dimengerti.

0 comments:

Post a Comment

SWARA GIRI FM